Minggu, 12 September 2010

KARANG TARUNA PILAR KEKUATAN MASYARAKAT

 Karang Taruna Pilar Kekuatan Masyarakat PDF Print
04-01-2010
Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan pilar kekuatan masyarakat berperan langsung sebagai insan-insan pembangunan baik di desa maupun kelurahan dan Karang Taruna harus terus mengikuti dinamika perkembangan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dengan jernih dan memakai akal sehat. Penegasan ini disampaikan Gubsu H Syamsul Arifin SE dalam sambutannya dibacakan Asisten III Setdaprovsu Drs H Asrin Naim pada pencanangan Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Selasa (29/12) di Aula Martabe Kantor Gubsu.

Dihadapan Ribuan warga Karang Taruna Sumut yang memenuhi aula Martabe tersebut Gubsu lebih lanjut mengatakan keberadaan Karang Taruna merupakan salah satu wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda sebagai organisasi sosial kepemudaan yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat.

“ Sebagai organisasi sosial yang berada pada tingkat desa atau keluarahan Karang Taruna harus mampu menjadi ujung tombak dan garda terdepan dalam pembangunan kesejahteraan social,” tegasnya

Dalam acara tersebut juga dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Karang Taruna Sumut, Dinas Kominfo dan PT XL Axiata Tbk dalam memuluskan program Karang Taruna untuk membangun pengetahuan komunikasi dan telekomunikasi di masyarakat pedesaan dalam Program Desa Melek Informasi.

Untuk mendukung program tersebut sebagai awal kerjasama pihak PT XL Axiata. Tbk.yang dihadiri Vice President West Regional XL Axiata Tbk Agus Simorangkir menyerahkan seperangkat komputer berikut data card untuk mengakses internet kepada Karang Taruna Desa Suka Jadi kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.

Kepada Karang Taruna berprestasi tingkat Sumatera Utara diantaranya Karang Taruna Desa Tanah Rakyat Kabupaten Asahan, Karang Taruna Kel Kota Baringin Kota Sibolga dan Karang Taruna Prayogi Kabupaten Batubara diberikan penghargaan dan dana pembinaan.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Sumut H Solahuddin Nasution dalam sambutannya mengatakan Pencanangan Bulan Bakti Karang Taruna ini merupakan salah satu aktualisasi peringatan Hari Ulang Tahun Karang Taruna yang diimplementasikan dalam bentuk bulan bakti sebagai rasa syukur Karang Taruna yang merayakan hari jadinya yang berisi kegiatan bakti sosial.

Dilanjutkanya dalam bidang konsolidasi organisasi sesuai dengan amanat Gubernur pada pelantikan Karang Taruna diharapkan akan menjadi penghambat Urbanisasi masyarakat Desa ke Kota dengan melakukan pengembangan Karang Taruna Desa.

Untuk itu Kata Solahunddin, Karang Taruna harus dapat berkiprah dan berperan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai organisasi social kepemudaan, sekaligus orgaisasi yang mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi generai muda.

“Karang Taruna harus menjadi motivator, Fasilisator sekaligus Dinamisator pembangunan desa sesuai dengan amanat UU no. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan, dimana pada penjelasan pasal 211 ayat 2 tentang lembaga kemasyarakatan yang jadi mitra pemerintah adalah Karang Taruna, PKK dan LPM”.Tegasnya

Dikatakanya Bulan Bakti Karang Taruna tahun ini sebagai momentum pengurus Karang Taruna Sumatera Utara dengan spirit bapak Majelis Pertimbangan Karang Taruna, untuk bertekad kembali ke basis utama yaitu desa dan kelurahan.

‘Desa tempat kita berbakti, tempat kita mengabdi,tempat kita mencurahkan segala pengetahuan dan kemampuan untuk membangunya dan desa lah rumah kita, karena disitu ada kekuatan yang maha dahsyat,’ ujarnya.

Sumber:http://www.sumutprov.go.id/lengkap.php?id=2082

Tidak ada komentar: